Entri Populer

Jumat, 25 November 2011

BUNGA TURI

Turi dengan nama latin Sesbania grandiflora ini merupakan  pohon kecil yang biasanya terdapat di pekarangan rumah sebagai tanaman hias, tanaman pembatas pekarangan juga dapat difungsikan sebagai pohon pelindung di tepi jalan.
Asal  tanaman ini diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara namun sekarang telah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia.
Pohon ini berumur pendek, dengan tinggi dapat mencapai 5-12 meter. Tanaman ini memiliki ciri bunga yang tersusun majemuk dengan mahkota putih, tipe kupu-kupu khas Faboideae. Ciri lainnya memiliki buah polong yang menggantung dengan 2-4 bunga yang bertangkai, kuncupnya berbentuk seperti sabit dengan panjang 7-9 cm. Tanaman ini mempunyai dua varietas, yang berbunga putih dan berbunga merah.

Berbagai macam khasiat di setiap bagiannya

Akar Turi
Akar turi berbintil-bintil, berisi bakteri yang dapat memanfaatkan nitrogen, sehingga bisa menyuburkan tanah. Sari akar turi dapat dicampur dengan madu digunakan sebagai ekspectorant (pengencer dahak) dan radang selaput hidung. Dan rebusan akar turi dengan varietas bunga merah dapat dimanfaatkan untuk pengobatan rematik.

Daun Turi
Daun turi mengandung  saponin,  tanin, glikoside, peroksidase, vitamin A dan B. Daun ini memiliki kelemahan pada baunya yang tidak enak dan berlendir. Namun daun ini dapat berfungsi untuk menambah produksi asi. Caranya dengan mengkukus daun muda dan dapat disantap sebagai lalapan. Daun turi dengan kandungan saponinnya dapat digunakan sebagai pengganti sabun setelah diremas-remas dalam air untuk mencuci pakaian. Sedangkan protein yang terkandung pada daun mudanya, sangat baik untuk makanan ternak. Selain itu daun ini memiliki khasiat lain seperti mencairkan gumpalan darah, menghilangkan sakit, pencahar ringan, dan peluruh kencing.

Bunga Turi
Dengan rasa yang gurih dan manis, bunga ini biasa dikukus dan disajikan sebagai salah satu bagian dari pecel. Bunga ini mengandung kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A dan B. Sehingga bunga ini baik untuk kesehatan mata, tulang, pelembut kulit, pencahar, juga sebagai penyejuk.

Kulit Batang Turi
Kandungan tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, calsium oksalat, sulfur, peroksidase dan zat warna pada kulit batang turi ini memiliki beberapa khasiat yaitu sebagai penurun panas, pencahar, adstringen (pengalat), mengurangi rasa sakit, merangsang muntah, sariawan, kudis, radang usus, disentri, diare, scabies, keseleo, terpukul, cacar air, keputihan, batuk, beri-beri, sakit kepala, radang tenggorokan,  serta sebagai tonik (penguat). Sari kulit batang pohon turi ini digunakan untuk menguatkan dan mewarnai jala ikan.

Nah, banyak sekali kan manfaat yang kita peroleh dari Pohon  Turi tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. :D
Bunga Turi Varietas Merah

Bunga Turi Varietas Putih

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar